Langkah Awal Memulai Bisnis Sendiri

oleh : PapapFarras     



Membangun bisnis sendiri merupakan dambaan banyak orang, terutama yang sudah bosan sebagai orang gajian dengan predikat pegawai 

dengan sebutan lain buruh. Nah, bagi anda yang berencana membuat atau membangun bisnis usaha sendiri, berikut beberapa tips yang harus dijalani sebagai tahapan prosesnya.
1. Penelitian pasar (Market Research), merupakan tahap awal dan yang pokok dalam memulai membangun bisnis. Anda harus melakukan penelitian di pasar untuk menentukan: siapa konsumen, mana yang menjadi sasaran utama, dimana dapat diraih pelanggan, apa dan bagaimana promosi dapat dilakukan.
2. Memilih rekan kerja yang tepat (Best Partner), dapat menentukan keberhasilan bisnis, karena tidak jarang pebisnis dikecewakan oleh partner bisnisnya.
3. Jaminan Keuangan (Financial Security), meski bukan sesuatu yang mutlak namun jaminan keuangan atau modal sangat diperlukan untuk memulai bisnis sendiri. Ada beberapa pilihan dalam mendapatkan modal, yaitu: pinjaman bank baik secara pribadi maupun pinjaman untuk usaha kecil, ikut program pemerintah di bidang usaha kecil dan menengah (UKM), mencari investor dan memulai usaha bersama.
4. Menciptakan image yang unik (Create Unique Image), ini yang akan menentukan atau membedakan bisnis yang anda jalankan ini dengan bisnis serupa yang orang lain telah jalankan sebelumnya. Image unik ini juga akan meyakinkan calon konsumen anda, karena anda mudah dikenal publik.
5. Jangan berfikir untung dulu, merencanakan perputaran uang lebih cepat dengan keuntungan tidak besar dibandingkan dengan keuntungan besar namun perputaran uang yang lambat adalah pilihan tepat, agar bisnis anda dikenali dulu, menyenangi produknya dan selanjutnya konsumen anda akan tergantung pada bisnis yang anda sedang jalankan.


Link yang relevan : 


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • Twitter
    • RSS
    Read Comments

    0 Response to " "

    Posting Komentar